Monday, July 24, 2017

Piala Soeratin, Turnamen Yang Berpengaruh Besar Di Sepakbola Tanah Air

Piala Soeratin adalah sebuah turnamen yang diikuti oleh para pemain muda berusia 17 tahun kebawah. Nama turnamen ini sendiri diambil dari nama Ketua Umum PSSI pertama yaitu Soeratin Sosrosoegondo, hal ini dimaksudkan untuk mengenang jasa-jasa beliau dalam merintis dan membangun sepakbola tanah air. Piala Soeratin mulai digelar pada tahun 1965 oleh Ketua Umum PSSI saat itu yakni Maulwi Saelan. Pada edisi pertama tersebut, Presiden Soekarno berkenan hadir untuk melakukan pembukaan turnamen tersebut. Setelah itu Piala Soeratin terus diselenggarakan hampir setiap tahun sampai sekarang. 

Piala Soeratin merupakan turnamen yang mempunyai pengaruh besar dalam perkembangan sepakbola Indonesia, hal itu terbukti ketika beberapa pemain yang berkompetisi di Piala Soeratin mampu menembus skuad Timnas U-19. Ini cukup membuktikan bahwa Piala Soeratin berperan penting dalam menyumbangkan pemainnya untuk Timnas Garuda.
Nama-nama besar sepakbola Indonesia yang lahir atau pernah bermain di Piala Soeratin diantaranya adalah Ronny Pasla, Robby Darwis, Ricky Yacobi, Aji Santoso, Ahmad Bustomi, Maldini Pali, Gunawan Dwi Cahyo dan masih banyak lagi.
Piala Soeratin ini merupakan jenjang yang sangat bagus untuk para pemain muda. Selain masuk dalam skuad Timnas, para pemain muda ini juga bisa promosi ke tim senior yang berlaga di Liga 1 ataupun Liga 2. Namun dipilihnya pemain tersebut tentunya melalui proses yang tidak mudah, para pemain harus bermain baik di setiap pertandingan untuk mencari perhatian talent scout PSSI dan klub-klub Indonesia, dengan begitu para pemain bisa terdaftar dalam list yang diinginkan pelatih timnas dan klub, namun dipanggilnya para pemain muda ini tergantung dengan kebijakan klub. 
Piala Soeratin juga pernah beberapa kali tidak digelar, diantaranya pada tahun 2015 dimana pada masa itu PSSI terkena sanksi dari FIFA akibat konflik internal di tubuh PSSI pada tahun 2013, nasib para pemain muda pun terkena efeknya.
Semoga PSSI tetap rutin menyelenggarakan turnamen Piala Soeratin ini juga turnamen usia muda yang lainnya sehingga bisa membantu perkembangan sepakbola tanah air.