Wednesday, August 9, 2017

Kepemimpinan Wasit Asing di Liga Indonesia

Liga 1 baru saja menugaskan wasit asing untuk memimpin laga di kasta tertinggi sepakbola Indonesia, hal itu dilakukan untuk memperbaiki sistem yang ada di Liga 1. Dengan mendatangkan wasit berlisensi FIFA, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) menganggap persepakbolaan tanah air akan lebih tertib di lapangan. Hal itupun berjalan sukses ketika sang wasit asal Australia, Shaun Evans memimpin laga Persib kontra PS TNI akhir pekan lalu. Perubahan signifikan terjadi pada laga tersebut, pasalnya tak ada protes berlebih serta kericuhan yang dapat mengganggu jalannya pertandingan.
Adanya wasit asing ini menjadi sorotan pencinta sepakbola tanah air, pasalnya Shaun Evans menggunakan earphone yang sangat jarang digunakan oleh wasit Indonesia. Tak berhenti sampai disitu wasit lokal sering mudah memberikan kartu kepada pemain, namun Shaun Evans melakukannya pada menit ke 24. Tetapi bukan berarti Shaun Evans tanpa kesalahan dalam memimpin laga tersebut, ada beberapa kejadian yang diputuskannya dianggap kurang pas. Hal itu terjadi ketika penyerang PS TNI dianggap offside padahal dalam tayangan ulang pemain tersebut masih berada di belakang pemain Persib. Tak hanya itu, Shaun Evans pun dinilai lalai saat adanya bentrokan antara Raphael Maitimo dengan pemain PS TNI, Maitimo pun memberi sikut ke arah muka pemain tersebut namun Shaun Evans tak memberikan hukuman kepada sang pemain. 
Berbicara wasit asing, PSSI berencana mendatangkan wasit asing dalam 3 periode. Periode pertama PSSI akan mendatangkan 6 wasit asing yang berasal dari Australia dan Kirgistan, mereka akan bertugas sampai dengan tanggal 15 Agustus 2017. Setelah ke enam wasit asing tersebut selesai bertugas, kemudian PSSI akan memilih lagi wasit asing untuk periode kedua yaitu tanggal 16-28 Agustus 2017 dan periode ketiga yaitu tanggal 29 Agustus -11 September 2017.
Berikut wasit asing yang tiba pada tahap pertama:
1. Evans Shaun Robert (Australia)
2. Brown Wilson Kenneth (Australia)
3. Lakrindis George (Australia)
4. Rysbek Sherkerbekov (Kirgistan)
5. Artem Skopintsev (Kirgistan)
6. Eldiiar Salybaev (Kirgistan)
Selain Shaun Evans yang memimpin laga Persib vs PS TNI, wasit asing yang sudah bertugas lainnya adalah Rysbek Sherkerbekov yang memimpin laga PSM vs Mitra Kukar. Kepemimpin wasit asing dalam kedua laga tersebut dianggap memuaskan oleh berbagai pihak, tentunya hal ini wajib dipelajari oleh wasit lokal agar kemampuan mereka dalam memimpin pertandingan semakin baik.